Jumat, 02 Februari 2018

Balada Orang Gajian

Dengan sabar saya menanti gajian. Akhirnya deretan angka di ATM memuaskan kedua mata. Itu artinya saya bisa belanja bulanan!

Senang saja bisa belanja keperluan rumah dan perawatan diri. Saya ingin dengan bekerja, ada perubahan. Yang tadinya muka kusam jadi cerah. Yang tadinya bokek jadi sejahtera. Setidaknya ketahuanlah gajinya mau diapakan. Banyak angan-angan tertulis diatas kertas sebelum gaji terbit. Mau beli baju, nabung budget buat jalan-jalan, tabungan rencana, dan lain-lain. Nyatanya nggak semua bisa terwujud. Boro-boro nabung yang ada juga bertahan hidup dengan sisa-sisa uang sampai akhir bulan. Walaupun sudah punya side job,rasanya pemasukan tetap kurang.

So, bagaimana caranya dengan duit yang sedikit tetap bisa nabung? Berikut hasil jelajah google :

* Gunakan celengan koin.
Cara ini paling enteng karena yang kita tabung adalah recehan. Jadi nggak kerasa sedikit-sedikit kemudian jadi bukit. Akan tetapi, kita harus bersabar jika ingin menggunakan cara ini.

* Buka rekening yang tidak bisa disentuh.
Saya pernah dengar seorang teman membuat rekening tabungan rencana. Jadi, dengan tabungan ini kita nggak akan tergoda untuk mengambil uang kapan saja. Karena tidak bisa diambil dengan mudah kecuali saat darurat.

* Sisihkan uang
Cara ini boleh juga dicoba. Patok saja sehari bisa sisihkan berapa. Misalnya sehari Rp.5000,-. Bisa juga sih kalau mau dinaikkan sedikit demi sedikit setiap harinya. Senin Rp.1000,-  Selasa Rp.1.500,- Rabu Rp.2000,- dan seterusnya. Tentu saja tingkat keberhasilannya tinggi jika.....

* Hidup hemat
Pilah - pilih deh hal yang perlu dibeli. Pikirkan lagi kebutuhan paling mendesak dan kebutuhan yang bisa ditunda. Bisa juga mengurangi jajan dan biaya transportasi harian. Misalnya yang suka jajan Rp.50.000,- perhari , pangkas jadi Rp.30.000,-. Kalau naik grab bike rasanya kemahalan, coba deh pakai grab hitch atau grab nebeng. Pasti lebih irit!

* Bayar hutang segera
Jangan senang dulu kalau dapat gaji plus bonus banyak. Bisa jadi disitu ada hak-hak orang yang dihutangi. Semakin lama menunda bayar hutang, semakin sempit kesempatan nabung.

*Disiplinkan Diri
Kiat-kiat diatas nggak akan mungkin terwujud kalau kita nggak disiplin. Halangan kedisplinan kita umumnya adalah kebiasaan menunda-nunda dan lupa. Jangan lupakan motivasi nabung! Setiap semangat kendor, ingat kembali niat mulia kenapa harus nabung.

Masih banyak kiat-kiat yang bisa kita lakukan buat nabung. Tapi setidaknya ini hal terdekat dan termudah yang bisa kita lakukan. ada saran nabung yang lebih menarik? Sok atuh tulis di komen. Bye!

5 komentar:

  1. Belum gajian T_T
    Sampai saat ini saya juga masih belum punya tabungan, gajinya langsung ludes aja udah T_T

    BalasHapus
  2. Kayaknya masalah pengaturan uang itu emang susah ya. Namanya peremouan, jggak sadar kadang kalap

    BalasHapus
  3. Semoga bisa dijalankan tipsnya. Paling banter satu poin deh.

    BalasHapus
  4. terimakasih tipsnya, poin terakhir penting bgt ya...disiplin😊

    BalasHapus
  5. intinya disiplin dan prioritas mana yang paling penting. huhuhu..susaaah buat saya:(..tp harus bisa

    BalasHapus